Melihat Langsung All New R15, Yamaha Benar-Benar Total!


Kawan, tadi pagi secara tidak disangka TM bertemu langsung dengan motorsport anyar Yamaha di kelas 150cc, All New R15. Tidak sengaja melihat All New R15 diangkut mobil delivery sebuah dealer di kota TM tinggal. Tidak hanya diangkut, tapi tuh mobil lagi parkir dekat motuba TM yang juga lagi bersandar menunggu acara CFD (car free day) usai. Dan ekspresi pertama TM adalah ‘wow’.

Yang pertama kali melintas di pikiran saat mengamati All New R15 warna biru tadi adalah ‘Yamaha benar-benar habis-habisan untuk motorsport 150 cc nya ini’. Bagaimana tidak, secara desain All New R15 benar-benar berbeda dengan R15 V2. Kesan sporty dan racy di R15 V2 dilengkapi dengan satu elemen lagi, moge look di All New R15.

Unsur sporty masih sangat kental di R15 baru ini. Kesan racy juga tidak dihilangkan dengan posisi stang yang di bawah yoke. Dan penampilan All New R15 benar-benar membius siapapun yang melihat berkat garis desain baru yang sangat elegan, padat, berisi namun masih terlihat kompak. Kesan moge atau minimal motor 250 cc terlihat. Artinya, jika dijejerin dengan R25 atau Ninja 250 atau mungkin CBR250RR, All New R15 ini tidak kalah keren. Yamaha sukses meneruskan keajaiban mereka dalam mendesain sebuah motorsport. Inilah Yamaha yang biasanya.

Pengaplikasian banana arm, suspensi depan upside down serta ban yang besar makin membuat tongkrongan All New R15 gahar. Sayang, TM sampai kelupaan mengabadikan gambar si ganteng. Padahal di saku celana sudah bawa HP. Ah, mungkin memang terpesona dengan si kuda besi. Maklum, TM biasanya lebih suka naked bike dibanding full fairing bike, namun entah mengapa All New R15 ini bisa mengalihkan perhatian.

Secara desain, All New R15 juara deh. Bagaimana dari sisi performa. Nah, di sinilah makin terlihat totalitas Yamaha. Mesin memang masih SOHC, alih-alih DOHC seperti yang diinginkan banyak pihak, namun SOHC dengan kode G3J6E ini sudah diberi ‘doping’ bernama Variable Valve Actuation (VVA). Dengan VVA, kelemahan mesin SOHC yang biasanya overstroke jadi teratasi. Nafas atau tenaga di putaran atas yang cenderung ngempos bisa dihilangkan berkat pendistribusian tenaga yang merata sejak putaran mesin bawah sampai atas. Alhasil, berkat VVA ini All New R15 mampu menjadi motorsport 150 terbaik di kelasnya. Power puncak mencapai 19,1 HP, unggul 0,1 HP dari Suzuki GSX-R150 atau CBR150R yang hanya di kisaran 17-an HP. Cukup sampai disitu? Tidak!

Yamaha masih memberikan satu lagi ‘doping’ pendongkrak performa di sektor mesin yakni Assist & Slipper Clutch (ASC). Fitur ini merupakan dua bagian yang bekerja menjadi satu-kesatuan. Assist membuat pindah kopling lebih enteng sedangkan slipper clutch membuat downshift lebih aman ketika berbarengan dengan engine brake. Sebuah fitur yang sudah lazim digunakan di dunia balap.

Yang sedikit disayangkan sebenarnya adalah pricing strategy yang diterapkan Yamaha di All New R15 ini. Dengan percaya diri, Yamaha membanderol All New R15 34,5 juta Rupiah OTR Jakarta. Harga ini memang sedikit lebih mahal dari pemimpin pasar kelas sport fairing 150, CBR150R, namun di kelas ini ada GSX-R150 yang dibanderol sangat ‘gila’ di angka 27,5 juta Rupiah (harga normal selepas promo 29,5 juta Rupiah). Ada gap sekitar 6 jutaan. Dengan performa GSX-R150 yang secara Power to Weight Ratio (PWR) lebih unggul dari All New R15, Suzuki memberikan alternatif sport fairing kencang namun murah. Yamaha harus waspada dengan satu hal ini. Sebab, melihat performa hanya GSX-R150 ini lawan sepadan All New R15.

Advertisements

2 responses to “Melihat Langsung All New R15, Yamaha Benar-Benar Total!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s