Liga Champions: Juventus Taklukkan Monaco, Higuain-Alves Luar Biasa!


Dua gol Gonzalo Higuain bawa Juventus kalahkan AS Monaco dalam semifinal leg 1 Liga Champions Eropa 2017. Gol-gol Higuain tidak lepas dari kontribusi cantik eks Barcelona Daniel Alves dengan dua assist superb-nya.

Pertandingan antara Monaco selaku tuan rumah dengan Juventus yang bertindak sebagai tamu berlangsung dalam tempo tinggi. Monaco yang berisikan pemain-pemain muda sekaliber Mbappe (18 tahun), Almamy Toure (20 tahun), Bernardo Silva (22 tahun), Benjamin Mendy (22 tahun), Tiemoue Bakayoko (22 tahun), dan Fabinho (23 tahun) menjadi tim paling produktif di Liga-liga top Eropa. Sebaliknya Juventus masih mengabdalkan pemain-pemain berusia di atas 30 tahun terutama di bagian lini pertahanan. Gianluigi Buffon memimpin barisan ‘old gank’ pasukan Turin dengan 39 tahun kemudian ada Andrea Barzagli (35 tahun) di tempat kedua, diikuti Dani Alves (33 tahun), Stephan Lichtsteiner (33 tahun), Giorgio Chiellini (32 tahun), dan Mario Mandzukic (30 tahun).

Duel muda vs tua ini berlangsung menarik. Monaco lebih banyak menguasai jalannya permainan. Beberapa kali aksi Mbappe berhasil menerobos lini belakang Juventus. Tapi, dengan status 5 pertandingan terkahir tidak kebobolan di Liga Champions, Juventus bukanlah tim sembarangan. Buffon yang masih menunjukkan tajinya beberapa kali sukses menahan gempuran Mbappe atau pemain senior Radamel Falcao.

Namun, Juventus bukan tanpa peluang sebelum gol Higuain tercipta. Di 10 menit pertama mereka setidaknya punya dua peluang untuk memimpin laga. Tendangan sudut sempit Alves masih bisa diredam Daniel Subasic, kiper Monaco dan umpan matang Alves gagal dikonversi menjadi gol oleh Higuain.

Setelah itu Monaco mulai membalas. Menit 12, sundulan Mbappe masih tepat mengarah ke Buffon setelah sebelumnya tercipta kemelut di pertahanan Juve. Beberapa menit kemudian Mbappe kembali mengancam. Tendangan first time nya dari sudut sempit lagi-lagi sukses diredam Buffon. Tiga menit kemudian, giliran Falcao yang menguji Buffon. Buffon merespon dengan sebuah flying high untuk menepis sundulan pemain Kolombia itu.

Keasyikan menyerang, Monaco justru lengah dan kebobolan menit 28. Berawal dari umpan 1-2 antara Higuain dan Alves, nama terakhir ini kemudian memberikan umpan backheel ke Higuain yang datang dari belakang. Tanpa ampun, pemain termahal Serie A musim ini tersebut menceploskan bola datar ke sisi kanan Subasic. Monaco 0-1 Juventus. Menit 38 Dybala melakukan free kick di posisi ideal depan kotak penalti. Tendangannya terarah ke gawang, sayang tepat mengarah ke Subasic. Skor bertahan hingga turun minum.

Babak kedua

Babak kedua belum memasuki menit 46, Monaco mendapat peluang emas. Berawal dari salah umpan di sisi kanan pertahanan Juventus, Falcao berhasil merengsek ke mulut gawang Buffon dan melepaskan tendangan placing. Lagi-lagi, Buffon menunjukkan kelasnya sebagai penjaga gawang terbaik Italia hingga usianya saat ini.

Juventus menambah gol kembali melalui Higuain. Gol tercipta di menit 59 melalui kerjasama apik 3 pemain latino mereka. Dybala-Higuain dan Alves. Berawal dari serangan balik, Dybala yang mendapatkan bola segera memberikannya kepada Alves di sisi kanan pertahanan Monaco. Tanpa melakukan penetrasi lebih dalam, Alves yang melihat Higuain berlari ke depan gawang Monaco segera memberikan umpan lambung silang yang tepat mengarah ke kaki penyerang Argentina itu. Tanpa banyak kesulitan, Higuain mencocor si kulit bundar menggunakan kaki kirinya dan membawa Juventus unggul 2-0. Kualitas umpan Alves mengingatkan kita pada saat masih di Barcelona. Terukur dan presisi. Umpan yang sering memanjakan penyerang Barcelona macam Messi atau Suarez. Juventus benar-benar tepat menggaet pemain Brazil tersebut. Gratis pula.

Hingga wasit Antonio Mateu asal Spanyol meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya laga, Monaco harus mengakui kematangan Juventus. Monaco 0-2 Juventus. Tim tersubur Eropa mandul di hadapan tim paling sedikit kebobolan di UCL musim ini. Juventus meraih cleansheet keenamnya beruntun di Liga Champions musim ini. Kaki the old lady sudah selangkah di Cardiff, tempat final dilangsungkan musim ini.

Laga kedua akan dilangsungkan di Juventus Arena pekan depan. ™

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s