Day 1 MotoGP Spanyol 2017: Dani Pedrosa Tercepat di Trek Basah dan Kering, Kebangkitan Sang Alien?

Nama Dani Pedrosa akhir-akhir ini makin tenggelam di kancah ajang balap motor MotoGP. Sempat menyandang status pembalap alien bersama Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, Pedrosa kini malah kalah pamor dari rekan setimnya, Marc Marquez atau bahkan sang pembalap anyar Yamaha, Maverick Vinales. Indikatornya adalah seberapa sering Pedrosa juara seri dalam beberapa tahun terakhir.

Namun, di seri keempat MotoGP musim ini di Sirkuit Jerez, Spanyol, nama Pedrosa kembali berkibar. Setidaknya hingga dua sesi latihan bebas di hari pertama, Jumat (5/5). Mengapa spesial? Sebab dalam beberapa tahun terakhir, tidak pernah melihat nama Pedrosa di deretan teratas pembalap tercepat di latihan bebas pertama dan kedua. Dan di Jerez tahun ini pembalap 30 tahun itu melakukannya. Apakah ini tanda-tanda kebangkitan Pedrosa, si mantan anak emas Repsol Honda?

Terlalu dini memang menyimpulkan hal itu. Tapi, faktanya memang Pedrosa paling cepat di dua sesi. Hebatnya lagi, dua sesi latihan bebas kali ini dalam dua kondisi lintasan berbeda. Basah di FP1 dan kering di FP2. Keduanya disikat habis oleh Dani Pedrosa!

Pada sesi pembuka, race direction mendeclare sebagai wet session alias sesi basah. Sebab, sejak sesi pembuka di kelas Moto3 langit Jerez memang tidak bersahabat. Hitam pekat dan turun hujan. Akibatnya lintasan basah dan beberapa titik ada genangan air. Namun, kondisi itu justru menjadi berkah bagi Pedrosa. Ia menjadi yang tercepat dengan laptime 1:51,648. Posisi dua dan tiga menjadi milik pembalap Honda dari tim berbeda, Cal Crutchlow dari LCR Honda ditempat kedua dan Jack Miller dari tim Marc VDS Honda.

Pada sesi ini, pembalap-pembalap Yamaha tidak bisa berbuat banyak. Hanya Jonas Folger dari Yamaha Tech 3 yang bisa sedikit berbicara di posisi keenam. Yup, Folger sang rookie mengalahkan tiga rider Yamaha lainnya yakni Maverick Vinales (10), Johann Zarco (13) dan Valentino Rossi (16). Yup, Rossi hanya tercepat ke-16! Dimanakah posisi Jorge Lorenzo? Ia ada di nomor 9!

Hasil FP1 MotoGP Spanyol 2017

Sesi latihan bebas pertama berlangsung pukul 14.55 sampai dengan 15.40 wib atau selama 45 menit. Dan latihan bebas kedua dilangsungkan pada pukul 19.05 sampai dengan 19.50 wib. Hasilnya?

Lagi-lagi Dani Pedrosa menjadi aktor protagonista. Hebatnya lagi, capaian Pedrosa di sesi kali ini dilakukan di trek yang kering. Yuhuu… race direction akhirnya memutuskan sesi kedua adalah dry session. Banyak yang berpendapat raihan Pedrosa di FP1 adalah berkat trek yang tricky. Biasanya jika trek basah, maka susunan pembalap tercepat akan acak kadul. Nama-nama yang biasanya di belakang tiba-tiba meroket ke depan. Pedrosa dianggap seperti itu.

Tapi, anggapan itu sirna saat FP2 dilangsungkan. Kondisi lintasan yang kering, walau tidak 100% seluruh trek kering, Pedrosa kembali menjadi yang tercepat!

Dani Pedrosa juga tercepat di lintasan kering

Pedrosa mempertajam best laptime nya di FP1 menjadi 1:39,420 di FP2. Ia melakukannya di 5 menit terakhir sesi. Uniknya, di posisi dua dan tiga pembalapnya masih sama dengan FP1. Di FP2 ini Jack Miller sukses menggeser Cal Ctutchlow ke posisi ketiga. Miller impresif dengan 1:39,964 dan bersama Pedrosa menjadi dua pembalap yang berada di bawah 1:40. Sedangkan Crutchlow dengan 1:40,045.

Apakah Yamaha membaik di sesi ini? Overall sih iya, tapi tidak spektakuler. Posisi terbaik Yamaha di peringkat 6 melalui Maverick Vinales. Vinales sempat crash di sesi kali ini namun tidak mengalami cedera dan bisa melanjutkan sesi. Vinales mencatat waktu 1:40,379. Tiga pembalap lainnya masih betah di belakang. Rossi posisi 12, Folger 13 dan Zarco 15. Diantara ketiganya ada Marquez posisi 14. Ada apa dengan Rossi dan Marquez yang tiba-tiba mlempem hari ini?

Hasil FP2 MotoGP Spanyol 2017

Oke, kesimpulannya di hari pertama MotoGP Spanyol 2017 ini adalah mutlak milik Dani Pedrosa. Trek basah Ia libas, keringpun Ia habisi. Besok Sabtu (6/5) akan menjadi hari penting bagi Pedrosa dan pembalap lainnya. Ada satu sesi lagi yang dijadikan acuan combined time langsung menuju kualifikasi kedua (Q2) yakni latihan bebas ketiga (FP3). Pembalap dengan kombinasi laptime tercepat dari FP1, FP2 hingga FP3 akan dihitung dan dirangking. Top 10 akan langsung menuju Q2. Sisanya harus melalui Q1 dulu dan dua pembalap tercepat akan melaju ke Q2.

Bisakah Pedrosa menyempurnakan sesi latihan bebasnya dengan langsung menuju Q2 sekaligus merebut pole? Untuk kemudian merebut kemenangan di Minggu lusa? Kita tunggu saja. ™

Advertisements

One response to “Day 1 MotoGP Spanyol 2017: Dani Pedrosa Tercepat di Trek Basah dan Kering, Kebangkitan Sang Alien?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s