Yamaha TMax, Apa Kabarmu Sekarang? Masih Dijualkah?

Selamat malam kawan, selamat menikmati malam di terasmalam.

Kali ini sedikit informasi dari Yamaha CBU tentang salah satu produk impornya yakni keluarga big skutik, mbahnya big skutik Yamaha seperti NMax atau XMax yaitu TMax. Masih dijualkah oleh Yamaha? Secara, akhir-akhir ini sepertinya gaung skutik berkubikasi 530 cc itu tidak lagi muncul. Apa kabar TMax?

Skutik TMax ini dimasukkan ke tanah air oleh Yamaha Indonesia sekitar akhir 2013. Kala itu Yamaha memang menggebrak dengan rangkaian produk-produk moge CBU bertajuk mark the origin. Ada R1, R6, VMax hingga TMax yang berstatus satu-satunya skutik di keluarga CBU mark the origin.

Karena berstatus CBU ditambah kapasitas mesin di atas 250 cc maka TMax masuk kategori motor mewah dan berbanderol mahal. Setelah kena pajak sana-sini akhirnya Yamaha membanderol TMx kala itu 220 juta Rupiah OTR Jakarta. Mahal bagi gw bro, tapi ternyata tidak bagi beberapa orang di luar sana. Bagaimana tidak, sejak pengiriman unit 2013-2014 hingga kini sudah sekitar 100 unit TMax yang telah berpindah tangan ke konsumen. 100 unit untuk skutik seharga 220 juta bukanlah angka yang kecil.

Lalu, bagaimana dengan saat ini, masih dijualkah atau sudah dihentikan oleh Yamaha?

“Yamaha TMAX kita habis, bukan tidak menjual lagi. Buktinya itu kami masih memajangnya (di IIMS 2017) dan kita masih order lagi,” kata GM Marketing PT YIMM, Hendri Wijaya, di arena IIMS 2017, JI Expo, Kemayoran, Jakarta seperti dikutip dari detikoto, Minggu (7/5).

Wow… ternyata habis kawan. TMax sold out dan out of stock untuk saat ini. Dan Yamaha bukan tidak mau jual lagi, tapi memang sudah habis dan sedang order lagi untuk next batch. Kabarnya, ‘rombongan’ TMax periode 2017 ini akan hadir sekitar bulan Oktober nanti. Harga bagaimana?

“Dan Yamaha TMAX tahun ini akan Full Spek dan akhir tahun mudah-mudahan sudah ada. Kalau harga? Mungkin sekitar Rp 300 jutaan,” ujar Kevin, penanggung jawab motor CBU Yamaha di IIMS 2017.

Yah, naik kawan harganya. Tapi, kenaikan itu ternyata diimbangi dengan perubahan spesifikasi yang konon katanya lebih powerfull. Full spek, entah apa arti sebenarnya dari kata ini tapi sepertinya TMax baru akan memiliki spesifikasi yang lebih baik dari pendahulunya.

300 juta untuk TMax baru 2017? Ada kenaikan sekitar 80 juta dari versi saat ini. Lebih mahal? Ada yang beli? Eits… jika kawan nanya itu berarti meremehkan ‘kegilaan’ konsumen di sini nih. Motor seharga 6 miliar saja ada yang beli, lha ini koq hanya 300 juta… cemen lah. Tentu saja buat golongan ‘mereka’ bukan orang kebanyakan.

Jadi, buat yang ada rencana memelihara mbahnya big skutik Yamaha, harap bersabar. Akhir tahun ini baru ready ya. Sekarang nabung dulu (eh ‘mereka’ koq nabung, ready dong duitnya) hehehehe…

Buat bekal, ini spesifikasi Yamaha TMax spek 2013:

Mesin
Tipe Mesin: Forward-Inclined parallel 2 cylinder, Liquid Cooled, 4 Stroke, DOHC, 4 valves
Pemindahan: 530 cc
Diameter x Langkah : 68,0 mm X 73,0mm
Perbandingan Kompresi : 10:1
Daya Maksimum : 34,2 kw/6.750 rpm
Torsi Maksimum :52,3 Nm/5.250 rpm
Sistem Strarter : Electric Starter
Sistem Pelumasan : Kering
Sistem Pembakaran : Fuel Injection System
Pengoperasian transmisi : V-Belt Automatic

Dimensi
Panjang total : 2.200 mm
Lebar total : 775 mm
tinggi total : 1.420 – 1.475 mm
Berat basah : 217 kg/ABS 221 kg
Jarak Sumbu Roda : 1.580 mm
Jarak terendah ke tanah : 125 mm
Tinggi tempat duduk : 800 mm
Kapasitas tangki BBM : 15 liter

Rangka
Tipe Rangka : Underbone
Suspensi Depan : Teleskopik Garpu
Front travel berukuran : 120 mm
Suspensi Belakang : Swing Arm
Real travel berukuran : 116 mm
Ban Depan : 120/70–15
Ban Belakang : 160/60–15
Rem Depan : Hydraulic dual disc, 267 mm
Rem Belakang : Hydraulic single disc, 282 mm

Kelistrikan
Sistem Pengapian: TCI (Transistor Control Ignition)

Nah, gimana sudah gak penasaran dengan status TMax? Kalau saya sih masih penasaran dengan wujudnya, maklum oreng disa tidak pernah lihat motor ini. Hanya lewat foto atau gambar di mbah guugel saja tahunya. (tm)

Sumber: detik.com, otomaniac.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s