Blog Tambah Tema Bahasan, Informasi Ringan Seputar Biologi

Kawan, selamat pagi. Selamat beraktivitas menjemput rejeki Allah SWT dimanapun Kawan berada. Semoga berkah ya…

Blog baru, masih bingung menentukan arah, walaupun sudah ada dua tema utama blog ini yakni otomotif dan sepakbola, rasa-rasanya masih ada satu tema lagi yang ingin dimasukkan. Tema pendidikan, ya semacam materi-materi pelajaran. Kebetulan, background pendidikan saya adalah Biologi jadi bahasannya all about Biology.

Selama ini, tidak jarang internet, khususnya search engine Google, menjadi alternatif solusi mendapatkan informasi seputar ilmu Biologi. Memang tidak mutlak menjadikannya referensi utama, namun hanya sebagai pembanding atau sekedar ‘sebatas tahu’ saja. Tentu saja buku pegangan mengajar masih menjadi rujukan utama, namun informasi Biologi dari dunia maya masih bisa untuk dijadikan penambah wawasan.

Banyak sekali web atau blog yang dikelola pribadi atau kelompok yang membahas tentang Biologi. Lengkap, kalau boleh dibilang sangat lengkap. Biologi tingkat sekolah dasar ada, tentu saja ada dalam pelajaran tematik; di tingkat sekolah menengah pertama juga ada dalam mapel (mata pelajaran) IPA Terpadu bersanding dengan Kimia dan Fisika; di tingkat menengah atas lebih banyak lagi bisa didapat. Komplit bab demi bab.

Nah, blog ini maunya seperti itu tapi rasa-rasanya biarlah mereka-mereka yang menyajikan informasi itu dengan lengkap dan komplit. Blog ini hanya ingin membahas atau memberikan informasi Biologi yang apa adanya, cenderung informasi singkat yang sedikit unik. Mirip-mirip informasi ‘tahukah kamu?’ begitu.

Tujuannya agar pembaca tidak bosan menyerap informasi yang disajikan sekaligus menambah wawasan seputar Biologi dari sudut yang berbeda.

Lebih khusus, Biologi di sini untuk level menengah atas alias SMA/MA atau sederajat. Di Biologi SMA/MA setidaknya ada 29 materi utama dari jenjang kelas X hingga kelas XII. Sangat banyak… di kelas X dan XI ada masing-masing 10 bab, kelas XII 9 bab yang semuanya wajib disampaikan ke peserta didik selama 3 tahun masa abu-abu.

10 Bab Biologi kelas X, yaitu:

  1. Ruang Lingkup Biologi
  2. Keanekaragaman Hayati Indonesia
  3. Virus
  4. Monera
  5. Protista
  6. Fungi
  7. Plantae
  8. Animalia
  9. Ekologi
  10. Keseimbangan Lingkungan

Seluruh materi di atas memiliki persamaan yakni mengenal dasar Biologi yakni klasifikasi mahluk hidup beserta ciri dan peranannya bagi manusia dan lingkungan. Bahasa simpelnya di kelas X ini siswa atau peserta didik dituntut untuk menghafal tentang kingdom-kingdom yang ada di dunia Biologi. Biologi katanya bukan pelajaran menghafal? Boleh tidak dihafal, yang penting diingat apa saja isinya. So, untuk mengingat bukannya harus dibaca berulang-ulang? Setelah dibaca berulang-ulang jadi ingat atau hafal bukan? Jadi, Biologi itu menghafal adalah benar khususnya di materi kelas X.

10 Bab Biologi Kelas XI, yaitu:

  1. Sel
  2. Jaringan Pada Hewan dan Tumbuhan
  3. Sistem Gerak Manusia
  4. Sistem Peredaran Darah
  5. Sistem Pencernaan
  6. Sistem Pernafasan
  7. Sistem Ekskresi
  8. Sistem Regulasi
  9. Sistem Reproduksi
  10. Sistem Imunitas

Di kelas XII ini siswa dituntut untuk memahami proses atau kerjasama beberapa organ dalam tubuh dalam menjalankan fungsinya sehingga disebut sistem. Diawali bahasan tentang sel, unit terkecil penyusun tubuh mahluk hidup, sebagai dasar melangkah ke pembahasan yang lebih komplek. Di kelas XI ini materi Biologi lebih ke arah menghafal dan memahami sistem organ tubuh, khususnya manusia.

9 Bab Biologi Kelas XII, yaitu:

  1. Pertumbuhan dan Perkembangan
  2. Metabolisme Sel
  3. Substansi Materi Genetik
  4. Pembelahan Sel
  5. Pewarisan Sifat
  6. Hereditas
  7. Mutasi
  8. Evolusi
  9. Bioteknologi

Ini adalah kelas terakhir sebelum peserta didik memasuki dunia kampus yang lebih spesifik. Materi Biologi di kelas XII ini semakin detil mempelajari apa yang terjadi di dalam tubuh kita dan apa yang terjadi jika dilakukan ‘modifikasi-modifikasi’ di dalam tubuh kita. Lebih ke arah proses fisiologi manusia.

Nah, seluruh bab di atas jika dituliskan semua materinya di blog ini bisa dibayangkan, blog ini akan menjadi blog Biologi. Saya tidak mau itu. Saya ingin Biologi di blog ini Biologi yang santai, memicu keingintahuan pembaca dan terutama menambah informasi khas Biologi. Jika kawan menginginkan materi Biologi per-bab yang lengkap, kawan salah kalau menuju blog ini. Monggo mampir ke blog-blog di luar sana yang sudah lengkap memberikan informasi yang kawan mau. Di sini hanya informasi ringan dan mudah-mudahan menarik untuk diketahui.

Terakhir, kritik dan saran saya tunggu di kolom komentar tiap artikel. Diskusi lebih baik. Diskusi yang menambah wawasan kebiologian kita. Jika ada informasi yang kurang lengkap di blog ini, monggo tidak usah sungkan untuk menambahkannya atau jika ada informasi yang salah tidak usah takut untuk mengoreksinya. Sebab, jika informasi salah dibiarkan, akan berbahaya bagi yang membacanya. Saya semaksimal mungkin akan berusaha cek and ricek sebelum artikel Biologi nanti dipublish.

Terima kasih, salam Biologi! (tm)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s