Hasil Semifinal Leg 2 Liga Champions 2017: Menang Lagi, Juventus Melaju ke Final

Juventus memantabkan langkahnya ke final Liga Champions Eropa 2017 setelah di semifinal leg kedua kembali menaklukkan AS Monaco. Leg kedua Semifinal dilangsungkan di Juventus Stadium markas jawara Italia, Rabu (10/5) dini hari wib. Juventus punya modal kemenangan dua gol tanpa balas di laga leg 1.

Bertanding di depan suporter sendiri, Juventus tampaknya tidak mau memberikan sedikitpun ampunan untuk Monaco. Laga langsung berjalan cepat. Juventus lebih mengandalkan serangan balik sedangkan penguasaan bola menjadi milik Monaco. Juventus tampil dengan tiga striker utama, duet Higuain-Mandzukic ditopang Paulo Dybala yang sedikit agak mundur menjadi playmaker.

Serangan balik Juventus yang dimotori Dybala dan Daniel Alves terbukti sangat merepotkan pertahanan Monaco. Sisi kiri pertahanan Monaco menjadi titik serangan Juventus. Mobilitas Alves masih sangat merepotkan pertanahan kanan Monaco yang digalang Andrea Raggi. Terbukti, di menit 33 sebuah umpan silang manis dilepas Alves tepat ke kepala Mandzukic. Sempat ditepi kiper Daniel Subasic, bola pantul kembali disambar penyerang Kroasia itu dan membuat Juventus unggul 1-0. Aggregat menjadi 3-0. Langkah Monaco makin berat kalau tidak bisa dibilang selesai.

Juventus makin menjauh di menit 44. Sebuah sepak pojok Juventus dihalau kiper Subasic keluar area kotak penalti. Sayang, dari belakang ada Alves yang lari dan menyambut bola buangan itu dengan tendangan first time dari jarak sekitar 30 meter dan gol. Gol luar biasa dari Alves. Lagi-lagi menjadi bintang Juventus di semifinal. Total Alves telah membuat 3 assist dan 1 gol dalam dua leg semifinal menghadapi Monaco. Luar biasa.

Di babak kedua, Juventus mulai mengendurkan serangan. Pertahanan mereka dirapatkan. Nafas baru dimasukkan. Andrea Barzagli digantikan bek lain, Mehdi Benatia.

Berkurangnya daya gedor Juventus (Dybala digantikan Andrea Cuadrado) dimanfaatkan Monaco. Anak asuh Leonardo Jardim meningkatkan intesitas serangan. Sisi kanan Juventus yang ditempati Benatia menjadi target. Dan benar saja, menit 69 akselerasi Joao Moutinho dari sisi kanan pertahanan Juventus membuat pemain Portugal itu memberikan umpan silang datar yang sukses dikonversi menjadi gol berkat intelejensia Mbappe. Juventus 2-1 Monaco (agg. 4-1).

Nampaknya gol Mbappe menjadi gol hiburan bagi Monaco sekaligus gol terakhir pertandingan itu. Juventus akhirnya melaju ke final Liga Champions Eropa 2017. Final kedua dalam 3 tahun terakhir setelah di final 2015 mereka kalah dari Barcelona 1-3.

Juventus menunggu laga semifinal kedua antara Real Madrid vs Atletico Madrid besok, Kamis (11/5) dini hari wib. El Real sudah mengantongi kemenangan 3 gol tanpa balas di leg 1 di markas Atletico. Final Liga Champuons Eropa 2017 kemungkinan besar akan melibatkan Juventus vs Real Madrid. Final akan dihelat di Millenium Stadium, Cardiff 3 Juni mendatang. (tm)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s