Real Madrid: Usaha Juara Bertahan Kelima Patahkan Kutukan Liga Champions

Pemain Madrid merayakan gol Isco di Semifinal UCL 2017

Keberhasilan Real Madrid menembus final UEFA Champions League (UCL) tahun ini menjadikan klub La Liga Spanyol itu berpotensi menjadi tim pertama yang berhasil mempertahankan gelar Liga Champions Eropa. Real Madrid menjadi tim kelima yang punya kans melakukan itu setelah 4 tim sebelumnya selalu gagal melakukannya.

Sejak format kompetisi tertinggi klub-klub Eropa itu menjadi UEFA Champions League musim 1992/1993, tidak ada satupun tim yang mampu back to back juara. Tahun ini, Madrid punya kesempatan itu untuk melakukannya. Musim lalu, Madrid berhasil menembus final dan juara usai menaklukkan rival sekota Atletico Madrid 1-1 (5-3) melalui adu penalti.

Sebelum Madrid, setidaknya ada 4 tim lain yang berusaha mempertahankan gelar juara UCL, namun gagal. Siapa saja mereka? Cekidot

1. AC Milan

Tim asal kota Milan, Italia itu berhasil memenangi UCL tahun 1994 usai menaklukkan Barcelona 4-0. Setahun kemudian AC Milan kembali melaju ke final untuk mempertahankan gelar. Di Final Milan menghadapi Ajax Amsterdam yang kala itu diperkuat deretan pemain muda potensial seperti Patrick Kluivert, Edgar Davids dan Clarence Seedorf dan hasilnya, Milan takluk 1-0 lewat gol tunggal Kluivert di menit 84. Milan menjadi tim pertama yang gagal mempertahankan titel UCL.

1994 – AC Milan 4-0 Barcelona
1995 – AC Milan 0-1 Ajax Amsterdam

2. Ajax Amsterdam

Ajak juara Liga Champions 1995 setelah mengalahkan AC Milan 1-0. Setahun kemudian juara Belanda itu punya kesempatan mempertahankan gelarnya dengan bertemu tim Italia lainnya di final, Juventus. Sayang, impian mempertahankan gelar kandas setelah Jari Litmanen dkk kalah adu penalti dari Fabrizio Ravanelli dkk 2-4 setelah bermain imbang 1-1 di babak normal. Ajax mengikuti jejak Milan musim sebelumnya.

1995 – Ajax Amsterdam 1-0 AC Milan
1996 – Ajax Amsterdam 1-1 (p. 2-4) Juventus

3. Juventus

Juventus menjadi tim ketiga yang punya peluang merebut dua gelar UCL beruntun. Usai juara di tahun 1996, Juventus kembali masuk final musim berikutnya. Lawan yang dihadapi adalah Borussia Dortmund. Juventus sebenarnya lebih diunggulkan. Mereka masih diperkuat tim yang sama dengan musim sebelumnya termasuk sang maestro Zinedine Zidane. Sayang, penampilan pemain muda Dortmund menggila di final. Juventus kalah 1-3 dan masuk deretan klub-klub yang gagal mempertahankan titel UCL bersama Milan dan Ajax.

1996 – Juventus 1-1 (p. 4-2) Ajax Amsterdam
1997 – Juventus 1-3 Borussia Dortmund

4. Manchester United

MU masuk deretan klub keempat yang gagal mempertahankan gelar UCL tahun 2009. Usai juara di tahun 2008 setelah menaklukkan rival di Liga Inggris, Chelsea berkat adu penalti, MU gagal setahun kemudian setelah di final kalah dari tim yang tengah naik daun berkat permainan tiki taka-nya, Barcelona. MU kalah 2 gol tanpa balas hasil ciptaan Samuel Eto’o dan Lionel Messi.

2008 – Manchester United 1-1 (p. 5-3) Chelsea
2009 – Manchester United 0-2 Barcelona

Tahun ini, Real Madrid berkesempatan menjadi tim pertama sejak era UCL yang sukses mempertahankan titel juara. Namun, lawan yang dihadapi bukanlah lawan ringan. Juventus musim ini menjelma menjadi tim yang tidak terkalahkan di Liga Champions. Bahkan mereka baru kebobolan 3 gol hingga semifinal kemarin. Pencapaian fenomenalnya tentu saja saat menyingkirkan Barcelona di perempatfinal. Barcelona yang biasanya tajam dibuat mandul dan kalah agregat 3-0.

Jadi, akankah Madrid masuk daftar deretan tim-tim gagal back to back juara UCL atau menjadi tim pertama yang berhasil mempertahankan gelar di era UCL saat ini? Kita tunggu saja 3 Juni 2017 di Millenium Stadium, Cardif saat final UEFA Liga Champions dihelat. (tm)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s