Siklus 7 Tahunan Tim Italia Juara Liga Champions, Tahun Ini Juventus?

Juventus Lanjutkan tren 7 tahunan tim Italia?

Selamat malam kawan, selamat menikmati malam di terasmalam.

Ada sedikit info dari jelang final Liga Champions Eropa (UCL). Seperti kita ketahui bersama, final UCL 2017 akan mempertemukan juara La Liga Spanyol Real Madrid melawan Jawara Serie A Liga Italia Juventus. Beberapa pengamat mengatakan peluang kedua tim sama besar. Namun, ada fakta unik yang mungkin bisa dijadikan pegangan buat kawan yang bingung mau pegang siapa.

Tim-tim Italia memiliki siklus 7 tahunan untuk menjadi juara UCL. Siklus dimulai tahun 1996 dimana kala itu Juventus sukses memenangi UCL saat mengalahkan Ajax Amsterdam via adu penalti. Tujuh tahun pasca final 1996, tim Italia kembali masuk final tahun 2003. Hebatnya final mempertemukan sesama tim Italia, Juventus vs AC Milan.

Jika 1996 Juventus yang juara, tahun 2003 giliran Milan yang menaklukkan Juventus juga dengan adu penalti setelah di masa normal dan perpanjangan waktu bermain seri tanpa gol. Milan juara di tahun ke tujuh pasca tim Italia juara.

‘Tradisi’ juara 7 tahunan kembali terjadi oleh tim-tim Italia. Kali ini giliran Inter Milan yang kala itu dipegang Jose Mourinho meneruskan siklus 7 tahunan tim Italia. Di final 2010, Inter mengalahkan tim kuat asal Jerman, Bayern Munchen 2 gol tanpa balas. Juventus, Milan, Inter. Final 7 tahun berikutnya yakni tahun ini 2017 wakil Italia kembali hadir di final UCL.

Siklus 7 Tahunan Juara Liga Champions Tim-Tim Italia:

1996 – Juventus 1(4)-1(2) Ajax Amsterdam
2003 – AC Milan 0(5)-0(4) Juventus
2010 – Inter Milan 2-0 Bayern Munchen
2017 – Juventus (??) Real Madrid

Juventus siap meneruskan tradisi 7 tahunan tim-tim Italia menguasai UCL. Tapi, tentu saja hal itu tidak akan dibiarkan begitu saja oleh Real Madrid. Madrid menjadi tim tersukses UCL dengan 11 gelarnya. Mereka masih lapar untuk menambah koleksi titel UCL menjadi 12 kala menghadapi Juventus. Dalam 4 tahun terakhir, Madrid telah hadir 3 kali di final. Tahun 2014 dan 2016 mereka juara dengan mengalahkan rival sekota Atletico Madrid. Tahun 2017 apa yang akan bisa dilakukan Madrid untuk membongkar pertahanan Juventus yang menjadi tim dengan lini pertahanan terkuat di UCL musim ini.

Kita tunggu saja 3 Juni 2017 di Stadium Millenium, Cardif tempat digelarnya final UCL musim ini. ™

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s