Rekor Madrid vs Wakil Italia Lebih Baik Dari Juventus vs Wakil Spanyol, Artinya…

Final UEFA Champions League (UCL) 2017 antara Real Madrid vs Juventus marupakan duel final ulangan UCL tahun 1997/1998. Gol tunggal Pedrag Mijatovic sukses menghantarkan el Real marebut trofi Liga Champions ke-7.

Pertemuan tersebut menjadi pertemuan perdana Real Madrid dan Juventus di laga puncak kompetisi klub tertinggi di Eropa itu. Jadi, tahun ini adalah pertemuan keduanya di final UCL. Lalu, seperti apa raport dua tim ini ketika menghadapai lawan dari negara yang sama?

Admin akan memberikan raport pertemuan Real Madrid menghadapai tim-tim Liga Italia di final Liga Champions dan juga sebaliknya Juventus menghadapi klub-klub La Liga Spanyol.

Sejak kompetisi Piala Champions digelar tahun 1955/1956, Real Madrid tercatat sebanyak 4 kali menghadapi wakil Italia di final. Hasilnya, mereka menang 3 kali dan kalah sekali. Simak data berikut:

1956/1957 – Real Madrid 2-0 Fiorentina
1957/1958 – Real Madrid 3-2 AC Milan
1963/1964 – Real Madrid 1-3 Inter Milan
1997/1998 – Real Madrid 1-0 Juventus

Yup, El Real pernah 4 kali menghadapi wakil Italia di final Piala/Liga Champions. Tahun 1957 Fiorentina menjadi korban pertama, semusim berikutnya giliran AC Milan yang ditaklukkan. Tahun 1998 malah Juventus sendiri yang ditaklukkan. Satu-satunya kekalahan El Real adalah tajun 1964 kala dihajar Inter Milan yang kala itu diperkuat snag legenda Eugenio Faschetti dan Sandro Mazzola.

Sedangkan, Juventus baru dua kali menghadapai wakil Spanyol di laga puncak Piala/Liga Champions. Selain kalah saat bersua El Real tahun 1998, Juventus juga kalah saat bertemu Barcelona dua tahun silam. Kala itu, lini pertahanan Juventus yang sebagian besar juga akan bermain di final tahun ini dibombardir Lionel Messi dkk 3 gol lewat lesakan Ivan Rakitic, Luis Suarez dan Neymar. Juventus hanya cetak 1 gol melalui Alvaro Moratta.

1997/1998 – Juventus 0-1 Real Madrid
2014/2015 – Juventus 1-3 Barcelona

Melihat hasil raport kedua tim saat melawan wakil dari negara sang rival, Real Madrid punya pengalaman yang lebih banyak dibanding Juventus. Selain itu, Madrid punya rekor bagus kala melawan wakil Italia sebaliknya Juventus tidak pernah menang jika di final menghadapi wakil Spanyol.

Jadi, Real Madrid punya peluang mengalahkan Juventus kedua kalinya di laga puncak kompetisi terakbar klub-klub Eropa itu tahun ini? Jika acuannya data di atas, jawabannya Iya. Tapi, Juventus juga punya siklus 7 tahunan wakil Italia yang selalu juara tiap 7 tahun. Dan tahun ini adalah tahun ketujuh pasca wakil Italia lainnya juara, Inter Milan.

Last, sepakbola bukanlah matematika. Di atas lapangan segala sesuatunya bisa saja terjadi. Banyak faktor yang bisa mempengaruhi hasil akhir sebuah laga final. Data di atas hanyalah sedikit informasi yang diharapkan menambah wawasan kawan jelang final UCL 3 Juni 2017 di Millenium Stadium, Cardif. (tm)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s