Final Liga Champions 2017: Trio BBC Mana Terbaik?

trio BBC JuventusFinal Liga Champions musim ini mempertemukan dua tim dengan trio andalan yang kebetulan memiliki julukan sama, Trio BBC. Real Madrid punya Trio BBC pada sosok Bale-Benzema-CR7 sedangkan Juventus punya Trio BBC pada sosok Bonucci-Barzagli-Chiellini. Duo BBC akan bertarung menjadi yang terbaik di Millenium Stadium, Cardiff, Wales, Minggu (4/6/17).

Final kali ini akan menjadi pembuktian BBC mana yang terbaik dan paling sakti.

Yang menarik adalah mereka akan saling berhadapan di lapangan karena posisi yang diemban masing-masing. BBC Juventus menempati posisi bertahan alias bek sedangkan BBC Madrid menempati pos serang.

Musim ini, BBC Juventus dan BBC Madrid tidak selalu bermain bersama. Faktor strategi dan cedera menjadi penyebab absennya salah satu dari trio tersebut. Di kubu Juventus, Barzagli tidak lagi menjadi pilihan utama musim ini. Perubahan strategi dari 3 bek menjadi 4 bek membuat Barzagli menjadi opsi berikutnya setelah Bonucci-Chiellini. Tercatat, musim ini Trio BBC ini hanya bermain bersama sebagai starter dalam 9 pertandingan dengan rincian 7 kali menang, 1 kali seri dan 1 kali kalah. Jika Trio BBC Juventus ini bermain bersama, Juventus hanya kebobolan 6 gol dengan persentase kemenangan mencapai 77,78% seperti dikutip dari Jawa Pos edisi cetak, Jumat (2/6/17)

Masih dari sumber yang sama, di kubu Madrid, cedera hingga 3 kali musim ini yang menimpa Bale menjadikan komposisi BBC tidak selalu lengkap. Trio BBC hanya bermain sebagai starter bersama sebanyak 15 kali dengan 10 kemenangan, 4 seri dan 1 kali kalah. Persentase kemenangan mereka adalah 66.67%.

trio BBC MadridBarzagli dan Bale memiliki nasib yang mirip. Tanpa kehadiran mereka di kubu masing-masing, pelatih Massimiliano Alegri dan Zinedine Zidane ternyata sudah menemukan solusi yang tepat dan pas.

Kehadiran bek sayap kanan eks Barcelona, Dani Alves membuat skema permainan Juventus lebih ke arah 4 bek sejajar. Serangan dari sayap kanan menjadi dominan. Bahkan, ketika di semifinal menghadapi Monaco, Alves sukses mencatat 3 assist dan 1 gol. Alhasil, performa gemilan Juventus dengan komposisi 4 bek membuat kehadiran Barzagli tidak lagi menenukan.

Sementara itu, Zidane di kubu Madrid berhasil mengoptimalkan pemain pengganti Bale. Isco yang memiliki visi permainan ciamik dan dribbling solid bisa menggantikan peran Bale dengan bagus. Belum lagi nama-nama seperti  Lucas Vazquez, Marco Asensio, James Rodriguez dan Alvaro Morata yang ternyata bisa berkontribusi maksimal tiap diturunkan. Di satu sisi, kondisi ini tentu saja membuat Zidane tidak risau tanpa adanya Bale, namun dengan fitnya kondisi megabintang asal Wales itu jelang final Liga Champions justru membuat Zidane dilema.

Musim ini, dengan absennya Bale, Zidane tidak lagi paten dengan formasi dasar 4-3-3. Pelatih yang sukses membawa Madrid juara Liga Champions tahun lalu itu sering bereksplorasi dengan formasi lain seperti 4-4-2, 4-2-2-2, 4-3-1-2 hingga 3-5-2.

Tapi, bagaimanapun duel Trio BBC Juventus vs Trio BBC Madrid di final Liga Champions musim ini sangat layak untuk dinantikan. BBC kuat bertahan melawan BBC tajam menyerang.

Satu fakta unik lainnya tentang Trio BBC ini adalah ada campur tangan Italiano dalam terbentuknya duo BBC tersebut. Antonio Conte yang kala itu melatih Juventus lebih dulu menemukan Trio BBC tahun 2011. Penemuan trio bek paling sulit ditembus di Liga Italia sehingga Juventus menjadi sangat dominan di liga domestik itu. Sementara itu, Trio BBC Madrid merupakan bentukan Italiano lain bernama Carlo Ancelotti. Kala itu tahun 2013 Madrid atas permintaan Ancelotti membeli megabintang Tottenham Hotspurs, Gareth Bale dengan transfer termahal di dunia. Dengan kehadiran Bale, komposisi lini depan Madrid menjadi komplit setelah sebelumnya Cristiano Ronaldo dan Benzema sudah lebih dulu bahu membahu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s