Menunggu Kebangkitan Raksasa Eropa dari Italia, AC Milan!

AC Milan begitu bergairah di bursa transfer musim 2017-2018. Hingga tulisan ini dipublikasikan, klub berjuluk I Rossoneri itu sudah menggaet setidaknya 10 pemain baru. Dan jumlah itu nampaknya masih akan berubah seiring masih diburunya striker untuk mempertajam lini serang. Satu pemain lagi, Milan akan punya starting XI line up yang berisikan full pemain baru!

Agresivitas Milan di bursa transfer musim ini tidak lepas dari perubahan kepemilikan klub di awal tahun ini, tepatnya di bulan April. Seorang investor asal negeri tirai Bambu China, Yonghong Li per-13 April 2017 telah membeli Milan dari sang pemilik sebelumnya, Silvio Berlusconi, yang telah membangun kejayaan Milan selama 31 tahun.

Tidak hanya kepemilikan klub yang berganti, negoisasi selama hampir dua tahun antara kedua belah pihak juga memastikan Berlusconi tidak lagi menjabat sebagai presiden klub dan digantikan Yonghong Li. Hal ini bisa terwujud berkat penjualan saham mayoritas Milan oleh perusahaan milik Berlusconi, Fininvest sebesar 99,9 persen kepada Rossoneri Sport Investment dengan nilai mencapai €740 juta (sekitar Rp10,4 triliun).

Kini, direktur anyar Milan adalah Han Li, Lu Bo dan Renshau Xu, bersama Paolo Scaroni, Marco Fassone, Marco Patuano dari Italia.

AC Milan adalah salah satu klub tersukses di Eropa, tetapi klub itu belakangan menderita kesulitan keuangan. Dua tahun lalu, AC Milan mencatat kerugian senilai 93,5 juta euro atau Rp1,3 triliun.

Kondisi finansial yang terus memburuk membuat aktivitas transfer atau jual-beli pemain Milan sangat di luar ekspekstasi Milanisti seluruh dunia. Bahkan, sejak terakhir juara Liga Champions Eropa 2007 silam Milan dikenal sebagai klub penampung pemain buangan atau pemain gratisan. Di sisi lain, pemain-pemain andalan klub seperti Thiago Silva, Kaka hingga Zlatan Ibrahimovic dijual untuk menambal kerugian. Sontak, Milan perlahan tapi pasti menuju status klub medioker.

Di kancah domestik, Milan tidak lagi mampu meraih scudetto sejak terakhir melakukannya tahun 2011 silam. Bahkan, dalam 6 musim terakhir Milan selalu berada di luar top 6 klasemen Serie A alias absen di kancah kompetisi Eropa. Padahal, Milan selama ini dikenal sebagai tim Italia paling sukses di Eropa. DNA Milan adalah Eropa, demikian julukan untuk I Rossoneri saking suksesnya di Eropa. Absen di kompetisi Eropa membuat pemain-pemain bintang enggan melirik Milan sebagai destinasi kelangsungan karir, ditambah kondisi keuangan yang terus merugi makin komplit membuat Milan hanya mampu menggaet pemain free transfer atau dengan cara meminjam.

Ketika isu penjualan klub merebak sekitar dua tahun silam, Milanisti langsung merespon. Termasuk saya setuju jika Milan harus dijual dengan syarat dijual mahal plus hutang klub selama ini juga dilunasi. Sempat hampir deal dengan investor asal Thailand Bee Taechaubol, namun akhirnya Milan resmi diakuisisi investor China Yonghong Li dengan biaya €740 juta. Angka ini termasuk pelunasan hutang sebesar €220 juta.

Estimasi awal budget belanja Milan untuk musim panas 2017-2018 adalah €100-150 juta, namun pada prakteknya kecintaan Yonghong Li terhadap Milan dan ambisi besarnya mengembalikan kejayaan klub kebanggaan para Milanisti seluruh dunia itu akhirnya membuat angka itu dipastikan membengkak.

Hingga saat ini sudah 10 pemain baru mendarat di San Siro, markas Milan. Dimulai dari sektor belakang, penjaga gawang Antonio Donnarumma didatangkan dari klub Yunani, Asteras Tripoli seharga €1,5 juta. Pembelian ini merupakan bagian dari deal Milan dengan penjaga gawang utama, Antonio Donnarumma yang tak lain adalah adik dari Antonio. Antonio dipastikan akan menjadi kiper cadangan.

Leonardo Bonucci pembelian top di lini pertahanan

Di sektor bek, Milan sudah mendapatkan 4 pemain di 4 posisi berbeda. Bek kiri diisi Ricardo Rodrigues yang didatangkan dari klub Bundesliga Vfl Wolfsburg seharga €18 juta. Bek kanan telah diisi Milanisti sejati Andrea Conti dari Atalanta. Dibutuhkan biaya €24 juta untuk mendaratkan Conti. Dua bek tengah tangguh juga sudah berhasil digaet, yakni Mateo Musacchio dari Villarreal (€18 juta) dan bek terbaik dunia saat ini Leonardo Bonucci dari rival langsung Juventus sebesar €42 juta. Dari sektor pertahanan saja, Yonghong Li sudah mengeluarkan dana sebesar €103,5 juta.
Beralih ke jantung permainan, lini tengah. Salah satu kelemahan Milan musim lalu dan musim-musim sebelumnya adalah minimnya kreativitas lini tengah. Sadar akan hal itu, Milan kemudian membidik beberapa nama. Gelandang bertipe box to box powerfull dari Atalanta, Franck Kessie, didatangkan dengan skema peminjaman 2 tahun dengan biaya peminjaman €8 juta plus kewajiban membeli di akhir masa peminjaman sebesar €20 juta. Kessie yang baru berusia 20 tahun dipadukan dengan rekrutan terbaru Milan dari klub Serie A lainnya, Lazio yakni Lucas Biglia (31 tahun). Gelandang berpengalaman yang memiliki kelebihan mampu mengatur ritme permainan didatangkan dengan biaya €17 juta. Dua gelandang ini akan menopang playmaker spesialis free kick asal klub Bundesliga Bayer Leverkusen, Hakan Calhanoglu. Calhanoglu didapatkan dengan biaya €22 juta. Trio pemain plus maaih bertahannya Giacomo Bonaventura ini diharapkan bisa mengkreasikan peluang-peluang gol untuk tiga penyerang di lini depan.

Aktivitas transfer Milan tidak melulu tentang pemain utama. Di lini depan, Milan punya pemain baru Fabio Borini yang bisa dimainkan di sisi sayap kiri dan Andre Silva di sayap kanan. Borini memang dihadirkan sebagai back up dengan harga €6 juta dari klub Liga Inggris Sunderland. Sedangkan Silva yang baru 21 tahun didatangkan dari klub top Portugal, FC Porto seharga €40 juta.

Nah, saat ini manajemem Milan melalui Marco Fassone dan Alessandro Mirabelli tengah membidik satu penyerang lagi untuk menyempurnakan lini serang Milan. Ada tiga nama yang tengah dikaitkan dengan Milan yakni Andrea Belotti dari Torino, Pierre-Emerick Aubameyang dari Borussia Dortmund dan Alvaro Morata dari Real Madrid. Ketiga penyerang papan atas itu dipastikan memiliki banderol tidak murah. Belotti dihargai €100 juta oleh presiden Torino, Aubameyang ditaksir kisaran €70-80 juta sedangkan Madrid tidak akan melepas sang striker di bawah banderol €80 juta.

Starting All New XI Milan 2017-2018


Jika ditotal, pengeluaran Milan sejauh ini untuk merekrut 10 pemain mencapai €216 juta, sebuah angka fantastis dari seorang pemilik baru. Bahkan, jumlah ini menjadi yang terbesar yang pernah dikeluarkan pemilik baru tim sepakbola di dunia di musim pertamanya. Seorang Abramovic yang dikenal jor-joran saat pertama kali mengakuisisi Chelsea ‘hanya’ membelanjakan €167 juta di musim perdananya 2003-2004 atau Syeikh Mansour kala pertama mengakuisisi Manchester City yang ‘hanya’ €157 juta di musim 2008-2009.

Kini, setelah merevolusi skuadnya menghadapi musim baru, pertanyaannya adalah sejauh mana langkah Milan di Serie A, Coppa Italia dan Europa League musim 2017-2018. Sebab, dengan skuad mentereng saat ini rasa-rasanya salah satu dari 3 kompetisi itu bisa untuk dipuncaki. Namun, jika saya sebagai Milanisti harus memilih satu, maka Scudetto Serie A adalah pilihan utama. Sebab, dengan juara Serie A maka target utama Milan masuk Liga Champions Eropa musim 2018-2019 otomatis akan tercapai. Selain itu, koleksi scudetto akan bertambah menjadi 19 sekaligus menyalip raihan tim sekota Inter Milan yang saat ini mengoleksi 18 gelar. Namun, juara Europa League 2018 juga bukanlah capaian yang buruk karena juga berarti otomatis jatah Liga Champions Eropa musim berikutnya.

Jadi, buat semua Milanisti di luar sana, selamat menyaksikan kebangkitan raksasa Eropa, klub kebanggaan kita semua Associazone Calcio Milan. Forza Milan!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s