Horee… Pemerintah Akan Aktifkan Kembali Telegram


Sempat heboh dengan keputusan pemerintah memblokir platform chatting Telegram beberapa waktu lalu, kini depkominfo kabarnya sudah melunak dan akan membuka blokir tersebut. Hal itu tidak lepas dari komunikasi kedua belah pihak yang intens. Menkominfo dan CEO Telegram memang baru saja melakukan pertemuan di Jakarta, Selasa (1/8/2017) untuk membahas hal itu.

Menkominfo Rudiantara dan CEO Telegram Pavel Durov melakukan pertemuan di Kantor Kementerian Kominfo. Pertemuan ini membahas penanganan isu terorisme dan konten radikal yang berkembang dalam platform Telegram. Satu alasan yang akhirnya membuat Pemerintah Indonesia mengeluarkan keputusan tidak populer itu.

Pertemuan itu, seperti disebutkan di atas, merupakan usaha dari Telegram untuk membuka blokir atas 11 DNS (Domain Name System (DNS) layanan Telegram berbasis web yang dilakukan Kominfo pada 14 Juli silam.


Dalam pertemuan itu, kedua belah pihak memiliki komitmen yang sama terkait isu-isu terorisme. Pavel Durov menyebutkan bahwa pihaknya sangat peduli dengan ancaman terorisme global, khususnya di Indonesia sehingga siap untuk bekerja sama dengan pmerintah Indonesia menanggulanginya. Sementara itu, Rudiantara menyambut gembira respon cepat Telegram atas isu tersebut.

Kemudian, bentuk komitmen kedua belah pihak selanjutnya akan dilanjutkan dengan pertemuan antara tim teknis. Mereka sepakat untuk mengkatifkan kembali 11 DNS yang dibekukan pemerintah. Kabarnya, pekan ini proses tersebut akan dilakukan. Atau dengan kata lain blokir Telegram akan dicabut minggu ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s