Romantisme Nigeria – Argentina di Piala Dunia!

Undian pembagian grup Piala Dunia 2018 Rusia telah dilakukan, Jumat (1/12/2017) di Kremlin, Moskow. Negara-negara peserta yang berjumlah 32 tim dibagi ke dalam 8 grup dengan sistem pot. Hasil undian secara umum menghasilkan grup-grup dengan kekuatan berimbang. Nah, diantara 8 grup ada satu grup yang menarik untuk kita bahas kali ini yaitu grup D. Lebih khusus dua negara di dalamnya, Nigeria dan Argentina. Inilah romantisme keduanya di Piala Dunia!

Grup D berisi Argentina sebagai unggulan dari pot 1 bersama Kroasia (pot 2), Nigeria (pot 3) dan debutan Islandia (pot 4). Fokus kita kali ini adalah dua negara dari Amerika Latin dan Afrika, ya Argentina dan Nigeria. Keduanya memang bukan musuh bebuyutan dalam artian punya sejarah rivalitas sengit layaknya Argentina dan Inggris atau Argentina dan Brazil. Namun, hasil undian yang menempatkan keduanya satu grup kali ini bukanlah yang pertama, kedua atau bahkan ketiga kalinya.

Argentina dan Nigeria sudah pernah 5 kali tergabung dalam satu grup di babak penyisihan Piala Dunia dalam 7 edisi terakhir. Bahkan, di Rusia tahun depan kelolosan Nigeria adalah yang keenam kalinya di ajang akbar 4 tahunan ini. Bayangkan, dari 6 kali lolos, 5 di antaranya bergabung dengan negara ‘itu-itu saja’ bernama Argentina! Lucu, unik, bosan dan segala macam sebutan untuk kejadian satu ini silahkan sampeyan ungkapkan sendiri.

Piala Dunia 1994 USA

Nigeria pertama kali merasakan atmosfer Piala Dunia adalah di tahun 1994. Ketika itu, piala dunia diselenggarakan di Amerika Serikat. Untuk pertama kalinya pula, Nigeria ditakdirkan satu grup dengan Argentina, tergabung dalam grup D bersama dua negara lain yakni Bulgaria dan Yunani. Komposisinya sama dengan hasil undian tadi malam, Nigeria-Argentina ditemani dua tim Eropa, Kroasia dan Islandia. Dari sinilah ‘kemesraan’ Nigeria dan Argentina bermula.

Pic. pinimg.com


Status Nigeria memang hanya rookie alias debutan di Piala Dunia kala itu. Namun, kejutan sudah dihadirkan si elang super. Nigeria yang tidak diunggulkan mampu menjadi juara grup. Sebenarnya Nigeria sempat kalah dari Argentina-nya Maradona di laga pembuka dengan skor 2-1. Namun, setelah itu Nigeria melumat Bulgaria dan Yunani untuk memuncaki grup. Di klasemen akhir Nigeria, Bulgaria dan Argentina sama-sama meraih 6 angka, beruntung Argentina masih lolos ke fase knock out setelah menduduki peringkat tiga terbaik.

Piala Dunia 2002 Korea-Jepang

Pertemuan Nigeria dan Argentina selanjutnya terjadi di Piala Dunia 2002 Korea-Jepang. Kembali, keduanya bertarung di grup yang sama. Kali ini mereka tergabung di grup F bersama Swedia dan Inggris. Pertandingan Nigeria vs Argentina kembali dimenangkan tim Tango kali ini lewat gol tunggal Gabriel Batistuta.

Pic. pinimg.com


Di klasemen, nasib Nigeria dan Argentina identik yakni gagal lolos ke fase knock out! Ciee... kompakan. Argentina sedikit lebih baik dengan menduduki peringkat 3 dengan 4 poin dan Nigeria posisi buncit dengan 1 poin.

Piala Dunia 2010 Afrika Selatan

Setelah sempat tidak bernostalgia di Piala Dunia 2006 Jerman, Nigeria dan Argentina kembali ‘dijodohkan’ di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Lagi-lagi hasil drawing menempatkan elang super dan tim tango dalam satu grup, Grup B, bersama Korea Selatan dan Yunani.

Pic. zimbio.com


Gol tunggal Gabriel Heinze di menit keenam menjadi satu-satunya gol di pertemuan ketiga Nigeria vs Argentina di Piala Dunia. Di akhir fase grup, Argentina memimpin lewat 9 angka hasil sapu bersih 3 kemenangan. Nigeria? Lagi-lagi juru kunci dengan 1 poin.

Piala Dunia 2014 Brazil

Empat tahun kemudian Piala Dunia diselenggarakan di Brazil. Piala Dunia 2014. Romantisme Nigeria-Argentina kembali tersaji di grup F. Inilah romantisme keempat, tidak ada satupun negara lain yang bisa menyamai apa yang terjadi dengan Nigeria dan Argentina.

Pic. zimbio.com


Pertemuan Nigeria vs Argentina terjadi di laga terakhir grup. Daftar kekalahan Nigeria atas Argentina bertambah setelah di laga grup kalah 2-3. Argentina unggul cepat di menit ke-3 lewat Lionel Messi, namun belum semenit Musa menyamakan skor 1-1. Messi kembali membawa Argentina unggul di injury time babak pertama namun, lagi-lagi Nigeria menyamakan skor hanya dua menit selepas jeda kembali oleh Musa. Marcos Rojo akhirnya membawa tim Tango menutup kemenangan dengan skor 3-2 atas Elang Super lewat golnya di menit 50.

Walau kalah, Nigeria tetap mendampingi juara Grup Argentina lolos ke fase knock out sebagai runner up.

Nigeria dan Argentina Tergabung Dalam Satu Grup di Piala Dunia:

Grup D Piala Dunia 1994 USA
1. Nigeria 6 poin
2. Bulgaria 6 poin
3. Argentina 6 poin
4. Yunani 0 poin

Grup F Piala Dunia 2002 Korea-Jepang
1. Swedia 5 poin
2. Inggris 5 poin
3. Argentina 4 poin
4. Nigeria 1 poin

Grup B Piala Dunia 2010 Afrika Selatan
1. Argentina 9 poin
2. Korea Selatan 4 poin
3. Yunani 3 poin
4. Nigeria 1 poin

Grup F Piala Dunia 2014 Brazil
1. Argentina 9 poin
2. Nigeria 4 poin
3. Bosnia 3 poin
4. Iran 1 poin

Grup D Piala Dunia 2018 Rusia
1. Argentina ??
2. Kroasia ??
3. Argentina ??
4. Islandia ??

Hasil Pertandingan Nigeria vs Argentina di Babak Penyisihan Grup Piala Dunia:

1. Piala Dunia 1994 Grup D
Nigeria 1-2 Argentina (Siasia 8′; Caniggia 21′ & 28′)

2. Piala Dunia 2002 Grup F
Nigeria 0-1 Argentina (Batistuta 63′)

3. Piala Dunia 2010 Grup B
Nigeria 0-1 Argentina (Heinze ‘6)

4. Piala Dunia 2014 Grup F
Nigeria 2-3 Argentina (Musa 4′ & 47′; Messi 3′ & 45+1′, Rojo 50’)

Total Pertemuan di Grup Piala Dunia Nigeria tidak pernah bisa mengalahkan Argentina walau skor pertemuan selalu ketat. Bagaimana dengan hasil pertemuan kelima mereka di Rusia 2018 nanti? Kita tunggu saja saat keduanya bersua di Krestovsky Stadium, Saint Petersburg, 26 Juni 2018. Itu merupakan laga terakhir di fase grup. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s