Gara-Gara Neymar, Pemain-Pemain Ini Harganya Gila-Gilaan!

Neymar Jr

Tahun 2017 bisa jadi tidak akan dilupakan oleh seluruh pemerhati sepak bola dunia. Pasalnya di tahun ini telah terjadi pemecahan rekor untuk pemain termahal dunia yang akhirnya disematkan kepada Neymar Jr. Tidak hanya termahal, tapi mega transfer seharga 222 juta Euro itu akan menjadi titik balik betapa gilanya sepakbola dunia saat ini!

Sebelumnya selamat untuk Neymar, Paris Saint Germain (PSG), Bercelona dan otoritas La Liga yang telah menghadirkan saga transfer paling gokil sepanjang masa. Pada dasarnya tidak ada negoisasi langsung antara PSG dan Barcelona soal transfer Neymar ini. Sebab, PSG ‘hanya’ mengaktifkan klausul kontrak Neymar dengan Barcelona dalam hal free release clause senilai 222 juta Euro. PSG hanya butuh kemauan Neymar untuk pindah, dan akhirnya memang mau, serta ijin otoritas La Liga untuk mega transfer tersebut. Barcelona mau tidak mau harus menyetujui semua proses yang terjadi. Pada akhirnya, kita semua tahu bahwa megatransfer itu benar-benar terjadi.

Poinnya sebenarnya bukan soal transfer termahal saja, melainkan efek domino yang terjadi setelahnya. Harga pemain-pemain top dunia tiba-tiba melonjak drastis gara-gara 222 juta Euro-nya Neymar. Transfer pemain yang bikin geleng-geleng kepala akhirnya kerap terjadi pasca Transfer Neymar. Kita lihat beberapa contoh berikut.

Ousmane Dembele (20 tahun)

Ousmane Dembele

Penyerang sayap kiri berkebangsaan Prancis ini memang pemain berkualitas. Jika tidak, mana mungkin Barcelona menggaetnya. Tapi untuk mengeluarkan uang sebanyak 105 juta Euro untuk satu pemain rasa-rasanya sulit masuk di logika. Apalagi Dembele saat itu belum punya prestasi mentereng layaknya Messi atau Ronaldo. Menurut laman transfermarkt.com (7/1/2018) harga pasaran Dembele saat ini ‘hanya’ 33 juta Euro. Namun, Borussia Dortmund sepertinya paham kalau Barcelona sedang banyak duit hasil penjualan Neymar ditambah mereka juga butuh pemain penggantinya sesegera mungkin, maka akhirnya mereka jual mahal. Dembele pun dihargai sangat mahal, dan kita semua tahu Barcelona mengiyakannya!

Kylian Mbappe (18 tahun)

Kylian Mbappe

Bicara skill dan potensi Mbappe, pemuda Prancis yang baru berusia 18 tahun ini, wajar rasanya jika Mbappe dihargai mahal. Tapi, untuk 180 juta Euro rasa-rasanya hanya orang gila yang mau melakukannya. Dan, ajaibnya itu benar-benar terjadi. PSG membeli Mbappe dri rivalnya, AS Monaco seharga itu. Namun, untuk tahun pertama PSG hanya meminjamnya guna menghindari pelanggaran finansial oleh UEFA. Di akhir masa peminjaman itulah uang 180 juta Euro akan benar-benar dibayarkan PSG ke Monaco. Padahal menurut laman transfermarkt.com (17/1/2018) harga Mbappe hanya di kisaran 35 juta Euro. Gokil bukan?

Philipe Coutinho

Coutinho

Inilah contoh terkini efek transfer gokil Neymar, Coutinho. Ya, rekan senegara Neymar ini akhirnya resmi menjadi pemain termahal kedua di dunia dengan banderol 120 juta Euro. Pelakunya lagi-lagi Barcelona. Kali ini Barcelona berhasil membujuk Coutinho keluar dari Anfield dengan harga supermahal. Namun, jika melihat harga pasaran Coutinho yang 90 juta Euro, rasanya Neymar Effect masih terjadi pada transfer ini.

Transfer Neymar pada akhirnya membuat klub-klub menaikkan harga pemain bintangnya. Patokan mereka jelas adalah Neymar lalu Dembele, Mbappe hingga Coutinho. Jika pemain-pemain itu bisa dijual mahal, kenapa tidak dengan pemain saya, kira-kira begitu mungkin pemikiran pemilik klub-klub itu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s